KEGIATAN PENYULUHAN HUKUM DI DESA BATTAL KECAMATAN PANJI

Written by situbondo on . Posted in Berita Situbondo

Situbondo, Pada Tahun 2018 Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum di Desa Battal Kecamatan Panji pada tanggal 30 Oktober 2018. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat di Desa Battal Kecamatan Panji. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Bagian Hukum menghadirkan narasumber dari Kantor Pertanahan, Kejaksaan Negeri Situbondo, Kepolisian Resort Situbondo dan Pengadilan Negeri Situbondo. Selain masyarakat Desa Battal Kecamatan Panji yang hadir dalam kegiatan penyuluhan hukum, juga dihadiri oleh Unsur Forum Pimpinan Kecamatan serta Lurah dan Kepala Desa Se Kecamatan Panji. Dalam pelaksanaan penyuluhan hukum  masyarakat diajak untuk beriteraksi melalui dialog tanya jawab kepada para narasumber. Selain itu masyarakat juga dihibur dengan pertunjukan musik elekton dan hiburan lawak, hal ini dilakukan untuk memancing animo masyarakat untuk hadir.

  • IMG_5205

  • IMG_5221

  • IMG_5206

  • IMG_5225

  • IMG_5245

  • IMG_5241

  • IMG_5255

  • IMG_5257

  • IMG_5264

  • IMG_5265

  • IMG_5269

  • IMG_5270

  • IMG_5273

  • IMG_5277

  • IMG_5215

  • IMG_5283

  • IMG_5254

37 total views, no views today

PEMKAB SITUBONDO MENGELAR FESTIVAL KOPI DI ALON-ALON KOTA SITUBONDO

Written by Admin Prov Jatim on . Posted in Berita Situbondo

Pemenang-Lomba3TDciSITUBONDO, Kopi kelas dunia ada di Bumi Shalawat Nariyah atau yang populer juga disebut Kota Santri. Yakni di Kabupaten Situbondo. Kopi juara 1 terbaik dunia untuk rasanya, kini hadir dalam festival Ratu Kopi yang digelar di Situbondo, Jawa Timur. Dalam Festival tersebut hadir Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifulla Yusuf alias Gus Ipul, Senin (11/9/2017). Kopi khas Kayumas Situbondo itu kini menjadi ikon Bumi Shalawat Nariyah. Hadir dalam perayaan Festival Ratu Kopi Situbondo itu untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi kopi khas Situbondo sebagai komoditas kopi unggulan. “Festival Kopi itu adalah ajang mempromosikan kopi Arabika khas Kayumas Situbondo. Selain itu juga untuk pemilihan “Ratu Kopi”. Pemilihan Ratu Kopi itu untuk mengakomodir putri-putri muda Situbondo yang belajar tentang kopi,” jelas Sekretaris Kelompok Tani Sejahtera, Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Didik Haryadi, kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id). Kopi Situbondo katanya, sudah teruji juara dunia kategori kualitas rasanya. Dari itu, pemerintah daerah diharapkan dapat memacu para petani kopi rakyat khususnya, supaya memperlakukan kopi rakyat dengan organik. “Faktanya, Kopi Kayumas mendapat label juara 1 Kopi Nasional 2010. Yaitu, Kopi Arabika. Pada tahun 2016, mendapat label juara 1 dunia pada kopi lowak,” aku Didik. Bahkan katanya, kopi Kayumas sudah terjual di banyak negara di dunia. Potensi tersebut menjadi peluang besar bagi petani kopi dan pemerintah daerah. “Sebagai identitas kabupaten Situbondo. Kami atas nama kelompok tani berharap agar even ini diberi nama Festival kopi Situbondo juara dunia,” kata pria yang juga sebagai Sekretaris Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) Jawa Timur. Menurutnya, dengan festival Kopi Situbondo juara dunia, pihaknya berharap untuk melibatkan partisipasi petani kopi. Mulai dari pemilik warung kopi, cafe, maupun pemilik restauran. “Karena semakin banyak kedai kopi, maka masyarakat petani akan banyak menerima manfaatnya. Karen “kelompok tani sejahtra” tidak hanya sendiri. Namun sudah melibatkan banyak anggota dari budidayanya, edukasinya, promosinya sampai pada produksinya,” katanya. Sementara itu, menurut Kabag Humas Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat, pihaknya sudah menyiapkan Festival Kopi Kayumas, sebagai potensi unggulan Kabupaten Situbondo. “Termasuk Pemilihan Ratu Kopi Situbondo,” ujarnya. Adapun kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka untuk memperkenalkan potensi kopi khas Kayumas sebagai komuditas kopi unggulan Situbondo. “Sudah melibatkan petani kopi dan pemilik warung kopi, cafe, maupun pemilik restauran,” ujarnya.

89 total views, 1 views today

MANFAAT DAN KHASIAT MADU BAGI KESEHATAN MENURUT ISLAM

Written by situbondo on . Posted in Berita Situbondo

Situbondo,Manfaat-dan-Khasiat-Madu-Bagi-Kesehatan-Menurut-Islam Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan Menurut Islam, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan madu. Minuman manis yang terbukti berkhasiat menyembuhkan semua macam penyakit, bahkan Menurut islam madu adalah salah satu minuman yang dimuliakan. melalui Al Qur’an surat An Nahl 68 – 69 Alloh menjelaskan tentang lebah dan madu kepada kita, seperti berikut : Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. Dari dua ayat tersebut jelas bahwa misi lebah dibumi adalah untuk mendampingi umat manusia dan menyediakan obat untuk manusia. Bahkan dari kalimat “….dan tempat-tempat yang dibikin manusia” kita juga bisa mengerti bahwa lebah adalah satu-satunya binatang yang didalam Al Qur’an sudah disebutkan untuk bekerja sama dengan manusia. Dan Rasulullaah SAW, bersabda : “Ambillah / pergunakanlah olehmu sekalian akan dua obat penyembuh yaitu madu dan al-Qur’an.” (Hadis riwayat Ibnu Majah). Mereka yang mengetahui akan khasiat madu akan menggunakannya secara rutin, hal ini bukan hanya teori tetapi telah dibuktikan daripada beberapa kajian yang telah dilakukan di mana jika diamalkan setiap hari akan mencegah daripada berbagai penyakit dan memberi tenaga yang cukup. Dalam al-Qur’an, hadis-hadis yang disebutkan dan amalan perubatan tradisional, madu mempunyai keistimewaannya yang tersendiri. Adalah menjadi suatu amalan yang baik menjadikan madu sebagai obat dan penjaga kesehatan. Manfaat Madu untuk Kesehatan Lalu bagaimana menurut kaca mata medis mengenai Khasiat Dan Manfaat Madu ? Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan Menurut Uji Klinis :
  • Meningkatkan kekuatan tenaga fisik. Mencerahkan mata, memutihkan dan menguatkan gigi. Mencerdaskan otak orang dewasa dan kanak-kanak. Menjadikan kulit lebih licin dan halus (awet muda). Madu dan sarang lebah madu merupakan bahan asas kepada krem kulit, lipstik dan losyen tangan. Mempercepat penyembuhan luka terbuka, melawan Jangkitan dan meningkatkan daya ketahanan badan. Menghilangkan panas badan, batuk, selsema, meredakan urat saraf, menstabilkan sistem pernafasan, menguatkan jantung, mengelakkan kencing manis, darah tinggi dan melembapkan kerongkong serta menghilangkan serak suara. Memperkuat janin yang lemah dalam kandungan      ( rahim ). Membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu Hamil karena memberikan asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Mengobati luka bakar. Madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti). Meningkatkan nafsu makan Anak-anak ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), dan mempercepat pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit. ( H.Mohamad , 2002 ). Mengembalikan stamina dari kelelahan dan stress. Makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula yang organ pencernaannya sudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh .( Kesehatan 2001 ).
  • Bila digunakan untuk bersikat gigi bisa memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lain. Dengan menggunakan cairan madu berkadar 90% (madu dicampur air hangat) dua hari sekali di bagian-bagian yang terinfeksi di kepala, diurut pelan-pelan selama 2-3 menit, madu dapat membunuh kutu, menghilangkan ketombe, memanjangkan rambut, memperindah dan melembutkannya serta menyembuhkan penyakit kulit kepala. Semoga dengan penjelasan mengenai Manfaat dan Khasiat Madu Menurut Islam akan menjadikan Anda tidak enggan untuk mengkonsumsi madu, ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati
–          Obat luka dan borok. Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida. –          Merangsang pertumbuhan jaringan Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut. –          Menghaluskan kulit –          Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit. –          Antioksidan kuat Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda. –          Menurunkan glukosa dan kolesterol darah Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah. Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh. –          Meringankan penyakit pernafasan Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan. Selain ketujuh manfaat di atas, madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral (lihat tabel). Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya, gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan sama sekali. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis alami. Demikian Pembahasan tentang Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan Menurut Islamsemoga bermanfaat.

182 total views, 9 views today

PENYULUHAN HUKUM DAN PERMASYARAKATAN PERDA TAHUN 2015

Written by situbondo on . Posted in Berita Situbondo

Tertutup Material Laut, Jalur Jawa-Bali di Situbondo Lumpuh

Written by situbondo on . Posted in Berita Situbondo

Situbondo - Arus lalu lintas di jalur Jawa-Bali di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, lumpuh sejak Senin 12 Mei malam hingga Selasa dini hari. Hal ini disebabkan jalan di pantai utara itu tertutup material yang terbawa air bah. “Tadi malam kendaraan macet hingga 10 kilometer dari arah barat maupun dari arah timur. Jalan di daerah Pecaron, Kecamatan Pasir Putih, itu macet total mulai Senin pukul 21.00 WIB. Baru Selasa pagi bisa dilewati,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Situbondo Zainul Airifin, Selasa (13/5/2014). Zainul menjelaskan, sejak Senin pukul 18.00 hingga 22.00 WIB terjadi hujan lebat. Karena sangat deras, air bah itu menjebol tanggul di kawasan Gunung Ringgit, Pasir Putih, hingga material berupa batu-batu besar terbawa air bah dan menutupi jalan. Zainul yang mengaku terjebak macet bersama keluarganya, terpaksa menginap di Pasir Putih dan baru bisa kembali ke Situbondo pukul 04.00 WIB. Namun perjalanan dari Pasir Putih yang semestinya tidak sampai 30 menit, pagi itu ditempuh sekitar 2,5 jam. Akibat kamacetan itu, arus lalu lintas sempat dialihkan melalui Bondowoso. Sejumlah kendaraan kecil yang mudah berputar balik pun melewati jalur alternatif. Sementara kendaraan besar, khususnya truk harus menunggu hingga pagi untuk bisa melanjutkan perjalanan. “Pagi ini jalan sudah bisa dibuka, meskipun sistemnya masih buka tutup. Tadi malam warga bersama aparat bergotong-royong menyingkirkan material batu dan pagi ini kami akan menurunkan eskavator untuk membersihakn material tersebut,” pungkas Zainul. - See more at: http://news.liputan6.com/read/2049085/tertutup-material-laut-jalur-jawa-bali-di-situbondo-lumpuh#sthash.ZSjLpCXO.dpuf

16 total views, no views today

Kategori

    No posts found in this category